Coklat Hitam Cegah Keracunan Kehamilan

Riset Terbaru dari Yale Amerika Serikat
ANDA
sedang hamil? Perbanyaklah makan coklat. Mengonsumsi camilan lezat itu selama kehamilan, bisa membantu mengurangi risiko komplikasi serius. Seperti risiko preeclampsia

atau keracunan kehamilan.

Begitulah hasil riset teranyar Dr Elizabeth W Triche dari Universitas Yale di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat dan koleganya, April 2008.

Coklat, khususnya coklat hitam, kaya bahan kimia yang disebut theobromine. Bahan ini menstimulasi jantung, merileksasi otot dan telah digunakan mengobati nyeri dada, tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh nadi.

Preeclampsia merupakan kondisi di mana tekanan darah melonjak selama kehamilan ketika kelebihan protein dilepaskan ke urine.

Bahaya keracunan kehamilan

Studi ini, periset meneliti 2.291 wanita yang melahirkan. Mereka ditanya mengenai berapa banyak coklat yang mereka makan selama trimester pertama dan ketiga kehamilan mereka.

Para periset juga menguji level theobromine dalam darah tali pusat janin. Theobromine bisa memperbaiki sirkulasi dalam plasenta. Ternyata, wanita yang mengonsumsi coklat terbanyak, dan bayinya memiliki konsentrasi theobromine tertinggi dalam darah tali pusat, paling kecil kemungkinannya mengalami preeclampsia.

Mereka yang dikategorikan mengonsumi coklat terbanyak adalah yang makan coklat lima kali atau lebih per pekan selama trimester pertama dan ketiga kehamilan.

Sedangkan mereka yang dikategorikan mengonsumsi coklat paling sedikit adalah mereka yang makan coklat kurang dari sekali per pekan.

“Hasil kami mengangkat kemungkinan bahwa konsumsi coklat oleh wanita hamil bisa mengurangi terjadinya preeclampsia atau keracunan kehamilan,” jelas Dr Triche dalam jurnal Epidemiology edisi Mei 2008.

Meski begitu, Dr Triche merekomendasikan penelitian lain dengan prospektif lebih luas untuk menguatkan hasil riset mereka.



Sumber : http://albertjoko.worpress.com

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger.

TOPO